Perbedaan Password, Passphrase, dan Passcode


Selamat malam minggu bro, asik deh malam minggu kali ini, pas banget sama tanggal bulan baru hehe. yang punya pasangan pasti lagi kencan atau dinner nih, cie cie jomblo cemburu. hehe

oke pembahasan kali ini tentang apa sih perbedaan password, passhrase dan passcode?

pasti ente sering tuh denger ketiga nama itu walapun funsi nya sama yaitu sebagai code keamanan. akan tetapi dari ketiga itu memiliki perbedaan juga, langgsung saja 🙂  

Dalam dunia komputer sebuah data mempunyai nilai yang berarti. Terlebih lagi bila data tersebut adalah data yang penting atau restriktif. Yang menjadi masalah adalah apabila data tersebut dapat diakses oleh siapa saja. Oleh karena itu perlu diatur orang-orang yang boleh dan tidak boleh mengakses data atau sistem.

Maka dari itu diperlukan suatu cara untuk memfilter atau memilih dan mengatur orang-orang yang diberi hak atau diijinkan untuk mengakses data. Caranya adalah dengan meminta suatu sandi sebelum seseorang mengakses suatu data. Bila sandi tersebut benar maka orang tersebut diberi ijin untuk mengakses data, sebaliknya bila sandi yang dimasukkan itu salah maka dia tidak dibolehkan mengakses data. Inilah perlunya sandi untuk mengakses data yaitu melakukan verifikasi atau memfilter orang yang akan mengakses data.   Dalam masalah sandi ini ada beberapa istilah yang hampir mirip dan mempunyai peran yang sama. Peran tersebut adalah untuk memfilter seseorang yang mengakses data. Yang pertama adalah password.

  • Password sebagai mana terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah suatu sandi yang berbentuk sebuah kata yang diperlukan seseorang untuk dapat mengakses suatu data atau masuk ke dalam sistem. Contoh password adalah deretan karakter yang membentuk sebuah kata, misalnya ‘Jakarta’, ‘Rosalina’, ‘Samudera’, dll. Bila sandi yang digunakan terdiri dari dua kata atau lebih maka penyandian seperti ini lebih tepatnya disebut dengan passphrase.
  • Passphrase sebagai mana artinya dalam bahasa Indonesia adalah gabungan kata yang diperlukan untuk lolos filter dari suatu sistem sehingga seseorang dapat mengakses data atau masuk ke dalam sistem. Contoh passphrase adalah ‘budianduk’, ‘tahusumedang’, ‘satemadura’, ‘kudanil’, dll. Passphrase ini terdiri dari dua kata atau lebih. Lain halnya bila sandi yang digunakan hanya berupa deretan angka-angka saja (numerik), maka penyandian seperti ini dikenal dengan nama passcode.
  • passcode Yaitu sebuah kode yang berupa deretan angka yang diperlukan untuk dapat mengakses sebuah sistem atau data. Misalnya ‘12345’, ‘5434’, dll. Contoh paling umum penerapan passcode ini adalah pada mesin ATM bank ketika seorang nasabah melakukan login.  Demikianlah perbedaan antara password, passphrase, dan passcode.

Meski demikian dalam kehidupan sehari-hari ketiga istilah tersebut dianggap sama oleh masyarakat kita sebagai password.  

Semoga Bermanfaat gan 🙂

sumber

Fahmi

We’re still Pioneers, We Barely Begun. Our Greatest Accomplishments cannot be behind us, cause our destiny lies above us.

Leave a Reply