Linux : Tutorial Setup VPN with PPTP on Centos 6


Selamat Malam Selasa bro 🙂 Pertemuan kali ini ingin membahas tentang VPN, mungkin VPN sudah terdengar seperti hal yang biasa, sedikit informasi tentang VPN.

Apa itu VPN?

Ketika Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti smartphone atau tablet) ke VPN, komputer bertindak sebagai jaringan lokal yang sama seperti VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui sambungan aman ke VPN. Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah ada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk secara aman mengakses sumber daya jaringan lokal bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia. Anda juga akan dapat menggunakan internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi atau ingin mengakses situs yang diblokir. Ketika Anda menelusuri web saat terhubung ke VPN, kontak komputer Anda ke situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan Anda dan meneruskan respon dari website kembali melalui sambungan aman.

Jika Anda menggunakan VPN yang berbasis di AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksi Anda berasal dari dalam Amerika Serikat. VPN adalah alat yang cukup sederhana, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal:

  • Akses Jaringan Bisnis Ketika di Perjalanan : VPN sering digunakan oleh pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, ketika di perjalanan. Sumber daya lokal tidak harus terhubung langsung ke Internet, sehingga meningkatkan keamanan.
  • Akses Jaringan Rumah Anda Ketika Berpergian : Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Remote Desktop Windows melalui Internet, berbagi berkas file, dan bermain game melalui internet seolah-olah Anda berada di LAN yang sama (local area network).
  •  Menyembunyikan Aktivitas Browsing Anda Dari Jaringan Lokal Anda dan ISP : Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS terlihat untuk semua orang, jika mereka tahu bagaimana mencarinya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas browsing Anda untuk sedikit lebih privasi, Anda dapat terhubung ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu sambungan aman VPN. Semua traffic lain akan melakukan perjalanan melalui koneksi VPN. Meskipun hal ini dapat digunakan untuk memotong koneksi-monitoring oleh penyedia layanan Internet Anda, ingatlah bahwa penyedia VPN dapat memilih untuk log lalu lintas di ujungnya.
  • Akses Website yang di Blokir : Ini adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan sangat mudah. Anda bisa menggunakan layanan VPN berbayar maupun layanan VPN gratis.
  • Bypass Sensor Internet : Banyak orang China menggunakan VPN untuk mengakali Great Firewall of China dan memperoleh akses ke seluruh internet. (Namun, Great Firewall tampaknya telah mulai mengganggu VPN)
  •  Download File : Banyak orang menggunakan koneksi VPN untuk men-download file melalui BitTorrent. Ini sebenarnya dapat berguna bahkan jika Anda men-download torrents yang sepenuhnya legal – jika ISP Anda memblokir BitTorrent dan membuatnya sangat lambat, Anda dapat menggunakan BitTorrent pada VPN untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat.Hal yang sama berlaku untuk jenis lain dari lalu lintas ISP Anda yang mungkin mengganggu (kecuali mereka mengganggu lalu lintas VPN itu sendiri.)

Apa sih PPTP itu?

PPTP (Point to Point Tunneling Protocol) PPTP merupakan protokol jaringan yang memungkinkan pengamanan transfer data dari remote client (client yang berada jauh dari server) ke server pribadi perusahaan dengan membuat sebuah VPN melalui TCP/IP (Snader, 2005).

Protokol ini dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco. Teknologi jaringan PPTP merupakan pengembangan dari remote access Point-to-Point protocol yang dikeluarkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

PPTP merupakan protokol jaringan yang merubah paket PPP menjadi IP datagram agar dapat ditransmisikan melalui intenet. PPTP juga dapat digunakan pada jaringan private LAN-to-LAN. PPTP terdapat sejak dalam sistem operasi Windows NT server dan Windows NT Workstation versi 4.0. Komputer yang berjalan dengan sistem operasi tersebut dapat menggunakan protokol PPTP dengan aman untuk terhubung dengan private network sebagai client dengan remote access melalui internet.

PPTP juga dapat digunakan oleh komputer yang terhubung dengan LAN untuk membuat VPN melalui LAN. Fasilitas utama dari penggunaan PPTP adalah dapat digunakannya public-switched telephone network (PSTN) untuk membangun VPN. Pembangunan PPTP yang mudah dan berbiaya murah untuk digunakan secara luas menjadi solusi untuk remote user dan mobile user, karena PPTP memberikan keamanan dan enkripsi komunikasi melalui PSTN ataupun internet.

PPTP Vpn VS OpenVPN?

Memilih server VPN terbaik antara OpenVPN dan PPTP VPN yang anda buat sendiri bukan hal yang mudah. Keduanya memiliki keunggulan dan kelebihan namun dibedakan oleh protokol internet VPN yang digunakan.

Dengan enkripsi hingga 256 bits Open VPN memang lebih aman namun dari sisi kemudahan setting, PPTP VPN lebih praktis dan cepat. Baik OpenVPN dan PPTP memiliki fungsi yang sama yaitu mengamankan koneksi internet melalui server virtual private network melalui enkripsi transfer data dan menyembunyikan alamat IP komputer yang anda gunakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, penggunaan internet vpn bertujuan mengamankan semua aktivitas komputer saat terhubung dengan jaringan internet. Entah untuk mengakses server kantor, kampus atau hanya sekedar melindungi privasi online di area wifi hotspot.

Software OpenVPN OpenVPN adalah open source software yang resmi dirilis pada tahun 2002. Menjadi populer karena bisa digunakan melewati Wireless access points (WAP), Firewalls dan HTTP proxy server.

OpenVPN memungkinkan anda untuk menggunakan port yang berbeda dan melakukan bypass firewall milik client maupun server. Dengan enkripsi transfer data hingga 256 bits, Open VPN sangat cocok bagi anda yang mengutamakan faktor keamanan.

Bila dibandingkan PPTP VPN yang hanya menggunakan enkripsi 128-bit, jelas OpenVPN lebih unggul. OpenVPN bekerja dengan protokol OpenSSL untuk enkripsi kedua saluran kontrol dan data.

OpenSSL adalah protokol yang digunakan dalam mengenkripsi informasi kartu kredit. Jadi, tidak diragukan lagi kualitas keamanannya. Konfigurasi OpenVPN sebagai client maupun server memang lebih rumit bila dibandingkan koneksi PPTP VPN. Anda juga harus mendownload OpenVPN client dan melakukan setting sesuai server yang digunakan.

Karena keunggulan sisi keamanan inilah yang membuat banyak instansi besar seperti ITB (Institut Teknologi Bandung) menggunakan software virtual private notwork milik OpenVPN.

Koneksi PPTP VPN PPTP menjadi pilihan populer jaringan virtual private network karena kemudahan dalam setting maupun penggunaan. Anda tidak perlu melakukan instalasi VPN client agar bisa terhubung dengan jaringan server PPTP VPN. Koneksi Point to Point Tunneling Protocol bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, MacOS X, iPhone OS, dan Android OS sudah memiliki built in protokol ini.

Kesimpulan OpenVPN vs PPTP VPN Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Untuk anda yang membutuhkan keamanan data tingkat tinggi, OpenVPN lebih lebih unggul dengan enkripsi 256 bits didukung protokol OpenSSL. Sedangkan dari sisi kecepatan akses internet, PPTP VPN sedikit lebih cepat karena enkripsi traffic data yang tidak terlalu ketat. Dari segi setting dan konfigurasi, PPTP VPN lebih mudah karena anda tidak memerlukanpengaturan VPN client maupun software tambahan.

 Oke langgsung saja Tutorial membuat VPN with PPTP, disini saya menggunakan OS Linux Centos 6.5

Tutorial install PPTP vpn on Centos 6Finc on Vimeo.

Semoga Bermanfaat bro 🙂

Fahmi

We’re still Pioneers, We Barely Begun. Our Greatest Accomplishments cannot be behind us, cause our destiny lies above us.

Leave a Reply