Apa itu CDN?


Apa itu CDN ?

CDN ( Content Delivery Network ) adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Jadi dengan menggunakan CDN artinya content (image,css, video, custom script) akan di copy โ€“> mirror ke server lain, Misal : Kita memiliki website yang web hostingnya menggunakan di Indonesia, otomatis bila ada pengunjung dari Rusia yang mengunjungi website kita, mereka akan kesulitan membuka website kita karena terbatas jarak dan speed international connection dari kedua negara. Dan bahkan tak jarang berakhir dengan timeout.

Dengan menggunakan CDN, meskipun server berada di Indonesia, bila ada pengunjung dari Eropa, maka bukan server indonesia ( tempat web anda) yang melakukan response, melainkan server CDN yang berada di Eropa. Begitu juga bila ada pengunjung yang berasal dari USA, server CDN USA yg melakukan reponse ke pengunjung tersebut. Secara otomatis server CDN akan merespon dengan server yang terdekat dengan visitor.

Alhasil dengan penggunaan CDN ini, web anda akan cepat di buka dari negara manapun, dan yang pasti quota bandwidth anda di server asal akan sangat minim pemakaiannya. Efek lainnya adalah, website/blog anda tidak akan membebani resources server shared hosting karena sangat ringan dan tidak menyebabkan overload. ย 

Cara kerja CDN : Ketika klien mengunduh suatu halaman web, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduh tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara server dengan klien. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman. Begitu pula sebaliknya, semakin dekat jarak antara server ke klien, maka semakin cepat lah waktu unduh halaman web tersebut.

Fungsi CDN (Content Delivery Network) dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang diminta. CDN ini cocok bagi anda yang ingin :

  • 1. Memiliki website yang bisa di buka di negara manapun dengan loading time yang sangat cepat.
  • 2. Memiliki website dengan traffic visitor tinggi dari berbagai negara.
  • 3. Memiliki web dengan penggunaan resources minimum tanpa suspend dan limitasi provider hosting.
  • 4. Layanan CDN ini sangat cocok bagi webiste corporate atau personal yang ingin agar konten website, file download dan streaming bisa berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Beberapa jenis industri dan aplikasi yang cocok menggunakan layanan CDN ini diantaranya adalah :

Social Networking Gaming E-commerce Entertainment Software Development Layanan Financial Siapa yang sudah menggunakan teknologi ini ? Beberapa situs terkenal yang memang bermaksud untuk meraih dan memelihara visitor dari berbagai dunia, sudah dipastikan menggunakan teknologi CDN ini. Situs-situs besar tersebut diantaranya adalah :

  1. Yahoo
  2. Google
  3. Facebook
  4. Joomla.org
  5. McAfee
  6. NBC
  7. CNN
  8. Time
  9. Adobe
  10. Symantec
  11. Apple
  12. Discovery
  13. Cooking.com
  14. Lycos
  15. Altavista
  16. eSurg.com
  17. eFax.com
  18. Monster.com
Fahmi

Weโ€™re still Pioneers, We Barely Begun. Our Greatest Accomplishments cannot be behind us, cause our destiny lies above us.

13 Comments

  • tamu
    November 26, 2013 at 9:33 pm

    cara membuat serta konfigurasinya bagaimana?

    • fahmi
      November 28, 2013 at 7:33 pm

      untuk mengkonfigurasi memang belum ada tutorialnya di blog ini, menurut saya itu sulit jika belum mengenal lebih dalam teknik CDN, saya pribadi pun belum mengenal lebih dalam teknik kerja CDN itu. tapi jika anda tidak mau di buat ribet, anda bisa menggunakan jasa CDN seperti Akamai dan lain-lain

  • dikiy09
    May 28, 2015 at 9:25 pm

    Nanti saya share tutorial nya di blog saya yaa hehehe, cuman lihat lihat aja min
    Ke sini yaa dikywahyudin(dot)blogspot(dot)com

    • Fahmi
      May 28, 2015 at 9:29 pm

      Silakan bro, berbagi itu indah ๐Ÿ™‚

  • Aldy
    January 5, 2017 at 1:34 pm

    Mas Fahmi, mau nanya, cara menampilkan

    SERVER PROCESS TIME: 0.00051 SECS.
    YOUR IP ADDRESS : 180.214.233.78
    YOUR HOSTNAME : SUBS03-180-214-233-78.THREE.CO.ID

    bagaimana caranya? Terimakasih

    • Fahmi
      January 5, 2017 at 2:54 pm

      Hi Aldy,
      Masukan Code php pada footer website kamu.

      untuk Server process time :

      < ?php
      $end = microtime();
      $creationtime = ($end - $start) / 1000;
      printf("Server process time: %.5f secs.", $creationtime);
      ?>

      untuk IP :

      < ?php
      $ip = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];
      echo "Your IP address : " . $ip;
      ?>

      untuk hostname :

      < ?php
      $ip = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];
      echo "Your hostname : ". gethostbyaddr($ip);
      ?>
      • Aldy
        January 10, 2017 at 12:17 pm

        Terimakasih banyak, sangat bermanfaat

  • Andi Muh Nur Ikhsan
    June 18, 2017 at 4:33 pm

    Ada yang bilang, kalau web kita mayoritas pengunjung dari Indonesia. Sebaiknya gak usah menggunakan cdn karena hanya memperlambat web kita.
    Apakah itu benar mas? mohon pencerahannya.

    • Fahmi
      June 18, 2017 at 5:01 pm

      Hallo bro andi,
      tergantung lokasi server website yang kamu gunakan, kalau lokasi nya bukan di indonesia dan visitor website kamu banyak dari indonesia lebih baik menggunakan cdn. geo cdn terdekat sama indonesia biasanya di server singapore tergantung provider cdn mana yang kamu pakai tapi rata2 provider cdn mereka punya lokasi di singapore, tetapi jika server website kamu ada di indonesia boleh di pertimbangkan menggunakan cdn server indonesia untuk layanan cdn di indonesia bisa cari di google, lumayan membuat beban kinerja server kamu bisa berkurang.

      Cheers ๐Ÿ™‚

  • Heri
    June 30, 2017 at 6:51 am

    cdn itu sama tidak dengan sertifikat ssl?

    • Fahmi
      June 30, 2017 at 10:13 am

      Hi Heri,

      Beda topik bro ๐Ÿ™‚

  • Jasa Website Banjarmasin
    May 5, 2018 at 5:47 am

    Sebetulnya fungsi utama CDN ini untuk pengamanan website, pertahanan pertama dari serangan hacker, DDOS attack juga perlindungan dari ancaman lainnya. Proses penyimpanan data website milik kita di data center nya juga berpengaruh positif terhadap banyak hal selain keamanan dan kecepatan.

  • Faris
    July 3, 2018 at 3:34 pm

    Apakah ada penyedia jasa CDN di Indonesia?

LEAVE A COMMENT